Friday 6 April 2018

Sri Lanka


 Image result for flag sri lanka


Sri Lanka adalah sebuah negara pulau yang terletak di Benua Asia bagian Selatan (Asia Selatan). Sri Lanka yang secara astronomisnya berada di antara 5°-10°LU dan 79°-82°BT ini berbatasan laut dengan India di sebelah barat laut dan utaranya, sedangkan disebelah barat dayanya berbatasan dengan Maladewa. Negara yang berada di utara Samudera Hindia dan di sebelah Tenggara India ini memiliki nama lengkap Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka sejak tahun 1972. Sebelumnya, Sri Lanka dikenal dengan nama Ceylon walhal Sri lanka juga tidak ketinggalan dari sektor pelancongan.Negara ini mempunyai banyak tempat yang kita lawati antaranya :




  •  Galle
 Image result for galle sri lanka

Galle merupakan sebuah kota benteng kuno peninggalan dari Belanda dan Portugis. Saat menginjakkan kaki di kota yang termasuk dalam bagian selatan Negara Srilanka tersebut, anda akan melihat banyak bangunan gaya kolonial dengan nuansa masa Portugis. Adapula sebuah mercusuar peninggaan dari Belanda. Mercusuar inilah yang merupakan simbol atau ikon Kota Benteng Galle.
Kegiatan menarik yang dapat anda lakukan di sini yaitu melihat sunset dari atas benteng juga pemandangan laut lepas dengan ombak bergulung-gulung. Terlepas dari hal tersebut, spot-spot manalagi yang patut anda pertimbangkan ketika mengunjungi tempat ini? Disini terdapat berbagai macam gedung-gedung bergaya Belanda maupun Portugis , seperti contohnya Dutch Church atau Gereja Belanda, kemudian ada tempat bernama Antiquities of Gale yang merupakan markas komandan Belanda di zaman penjajahan dulu, atau Splendid Mansion, bangunan-bangunan tua peninggalan bangsa Inggris.



  • Nuwara Eliya
Image result for nuwara eliya



Inilah kota-kota perbukitan teh yang begitu populer di Srilanka dan sayang untuk anda lewatkan. Sepanjang perjalanan dari Kandy menuju ke Nuwara Eliya (tujuan di Stasiun Nanu Oya) anda akan disuguhi pemandangan alam nan mempesona. Ya, jalur kereta tersebut memang melewati lembah-lembah hijau segar serta perkebunan teh. Yang lebih menakjubkan lagi, sepanjang perjalanan anda akan temukan begitu banyak air terjun indah.

Nah, ketika anda menginjakkan kaki di Nuwara Eliya, jangan heran kalau anda langsung disergap oleh udara yang dingin. Anda bisa menyaksikan bagaimana pengolahan teh yang merupakan komoditas utama Negara Srilanka (khususnya saat penjajahan Inggris) sembari menyeruput secangkir teh hangat di Heritance Tea Factory. Karena merupakan komoditas penting dan utama, seolah teh di Srilanka lebih berharga dan penting dibandingkan dengan beras.

Perlu diketahui juga bahwa masyarakat Srilanka memiliki sebuah tradisi tea break yang dilakukan tiap pukul 10 pagi dan pukul 3 sore. Sedangkan sepanjang tepian jalan-jalan di sana akan tampak banyak warung-warung di mana terlihat orang-orang yang asyik bercengkerama sambil menikmati roti keras berteman teh hitam dan kental. Oh, ya, orang Srilanka tak suka lho dengan teh hijau. Mereka berpendapat teh hijau adalah teh-tehan atau bukan teh betulan.




  • Taman Nasional Hikkaduwa
Image result for hikkaduwa sri lanka

Hikkaduwa National Park adalah sebuah cagar alam yang ada di selatan Srilanka. Lokasi yang satu ini adalah habitat bagi beberapa biota laut, diantaranya adalah hiu blacktip karang, cacing laut, udang. Daya tarik dari taman nasional tersebut juga ada pada terumbu karangnya yang indah. Bahkan terumbu karang terdapat pada Hikkaduwa National Park ini digadang-gadang sebagai terumbu karang terindah yang ada di Benua Asia.

Lalu, apa yang menarik dengan berkunjung ke Taman Nasional Hikkaduwa ini? Tempat ini layaknya surga bagi anda para pecinta surfing maupun diving. Tempat ini merupakan tempat terbaik di Sri Lanka jika anda ingin bermain surfing karena arus ombaknya yang tidak terlalu kecil, namun juga tidak membahayakan. Selain itu, bagi anda yang mau melihat keindahan terumbu karang lokasi ini melalui mata kepala anda sendiri, anda bisa ber-snorkeling ria disini.

Atau bagi anda yang ingin menikmati keindahan terumbu karang ini namun juga ingin tetapt membuat tubuh anda kering, anda dapat menyewa perahu dengan bagian alasnya terbuat dari kaca bening sehingga anda bisa melihat terumbu karang melalui dasar perahu. Menarik bukan?Pastikan anda melakukan segala persiapan untuk liburan ke pantai ya.


  • Kolombo
 Image result for kolombo sri lanka

Ini adalah kota yang paling besar di Srilanka. Tempat yang indah dan patut untuk dikunjungi. Saat pertama kali anda menginjakkan kaki di kota yang satu ini, anda akan melihat masih banyak bangunan dengan gaya arsitektur kerajaan Inggris yang berdiri kokoh.
Selain itu anda pun bisa menemukan banyak rumah ibadah di Kolombo. Hal ini membuktikan atau sebagai simbol kerukunan antar umat beragama yang tercipta di Kota Kolombo. Sebagian besar penduduk kota ini menganut agama budha, yang lain terbagi menjadi islam, hindu, kristen.



  • Pinnawala Elephant Orphanage
 Image result for pinawala elephant orphanage sri lanka

Pinnawala Elephant Orphanage. Dari namanya, anda tentu telah mengetahui bukan bahwa ini adalah tempat penangkaran gajah?Tempat yang berlokasi di Kegalle ini bisa dibilang panti asuhan gajah. Pada 2008 yang lalu ada 84 gajah menempati lokasi yang satu ini. Berbagai macam spesies gajah yang dilindungi dan hampir punah pun tentu bisa anda saksikan disini.

Lalu, apa menariknya berkunjung ke tempat penangkaran gajah? Ketika anda berkunjung ke Pinnawala Elephant Orphanage ini, anda dapat menyaksikan gajah-gajah yang mandi dan menyantap makanannya. Selain itu lokasi satu ini pun terbuka untuk umum dan anda dapat datang setiap hari. Selain wisatawan umum, lokasi penangkaran gajah ini berhasil menarik minat para aktivis binatang maupun para peneliti yang sangat sering melakukan penelitian di tempat ini. banyak jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan para ilmuwan setelah berkunjung ke tempat ini. Selain itu, tempat ini juga telah banyak difilmkan oleh para pembuat film lho.

 ~ Sekian,Terima Kasih ~

No comments:

Post a Comment

Filipina

Tempat wisata di Filipina juga tidak boleh diremehkan sebab meski negara yang kecil Filipina memiliki tempat wisata yang menar...