Wednesday, 4 April 2018

Myanmar


Image result for flag myanmar


Myanmar adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara yang secara astronomis berada di antara  11°LU – 28°LU dan 92°BT – 100°BT ini berbatasan dengan Bangladesh, India dan laut Benggala disebelah baratnya, sedangkan disebelah timurnya Myanmar berbatasan dengan Thailand, Laos dan China. Di sebelah Utara Myanmar adalah China dan disebelah Selatan adalah Laut Andaman.

Myanmar yang sebelumnya dikenal dengan nama negara Burma ini pernah diperintah oleh pemerintahan militer sejak tahun 1962 hingga tahun 2016 diadakannya pemilihan umum yang dimenangkan oleh Presiden yang bukan dari kalangan militer. Presiden terpilih ini berasal dari Liga Nasional untuk Demokrasi yang menang dalam pemilihan umum tahun 2015. Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy) atau NLD merupakan partai yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi. Dalam pemerintahan baru ini, Aung San Suu Kyi menjabat sebagai kanselir negara yang setara dengan jabatan Perdana Menteri pada tanggal 6 April 2016. Aung San Suu Kyi juga pernah meraih penghargaan nobel di bidang perdamaian pada tahun 1991 karena perjuangannya dalam memajukan demokrasi di negaranya tanpa menggunakan kekerasan dalam menentang kekuasaan rezim militer. Walaupun begitu, ia mempunyai tempat yang boleh dijadikan sebuah kenangan oleh para pelancong seperti :

  • Pantai Ngapali

 Image result for pantai ngapali

Wisata pantai yang asyik dan akan membuat para wisatawan tidak akan pernah bosan adalah Pantai Ngapali yang memiliki garis pantai yang terbentang dengan panjang sekitar 3 kilometer. Terletak di Distrik Rakhine State, di hadapan pantai ini para wisatawan akan dapat melihat lautan yang ombaknya tenang dengan warna laut biru agak hijau. Itulah lokasi yang dinamakan Teluk Bengal yang juga bisa dijelajahi sekalian saat datang ke Pantai Ngapali.
Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai ini begitu juga di area sekitarnya, seperti berjemur, berjalan-jalan mengelilingi pantai, berperahu kayu untuk mengarungi perairan bersama dengan para nelayan lokal yang terkadang dapat menjadi pemandu. Jika berminat, para nelayan lokal akan membawa Anda untuk menjelajahi pulau-pulau kecil yang ada di Teluk Bengal di seberang Pantai Ngapali.


  •  Jembatan U Bein

Image result for Jembatan U Bein

Tempat  menarik yang juga bisa dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata adalah Jembatan U Bein yang disarankan untuk dikunjungi pada sore hari. Struktur jembatan dengan kayu jatinya memang terbilang populer. Didirikan di pertengahan tahun 1800-an, Jembatan U Bein ini memiliki panjang sekitar 1.200 meter yang terbentang di Danau Taungthaman. Itulah alasan mengapa jembatan kayu jati paling panjang dan paling tua di dunia menjadi sebutan bagi jembatan ini.

Pada masa tersebut, Walikota U Bein-lah yang mendirikan jembatan ini ketika ibukota Myanmar dipindahkan ke Mandalay oleh Raja Mindon. Pembangunannya pun hanya menggunakan kayu jati yang merupakan sisa bahan pembangunan istana dan kuil-kuil tua. Awalnya, ada 1.000 pilar lebih yang digunakan untuk mendirikan jembatan ini, namun setelah waktu berlalu, betonlah yang akhirnya menggantikan sejumlah pilar untuk membuat struktur makin kuat. Ada perahu yang bisa disewa di sana untuk menemani Anda berkeliling danau sampai terbenamnya matahari.

  •  Pagoda Shwedagon
Image result for pagoda shwedagon

Lokasi dari tempat wisata terkenal satu ini adalah di bekas ibukota Myanmar yang ada di Yangon. Pagoda ini menarik perhatian banyak wisatawan dengan kilau memesona pada bagian stupanya. Para pengunjung saat berkunjung ke pagoda ini maka secara otomatis akan disambut oleh Stupa terbuat dari emas tersebut. Sebagai bekas ibukota, Yangon dikenal sebagai kota yang identik dengan kehidupan komersil, namun justru dengan adanya pagoda yang menjadi situs Buddha di Myanmar menunjukkan bahwa Myanmar masih menjaga kehidupan budaya dan agamanya. Sesampainya di tempat ini, pengunjung akan merasakan ketenangan karena atmosfer khusuk yang diberikan oleh interior pagoda ini.
Pengunjung dikenakan biaya masuk $8 atau sekitar Rp 107 ribu untuk dapat masuk dan melihat interior pagoda ini.
Pengunjung disarankan untuk membawa kacamata supaya tidak terkena silaunya marmer dan emas putih dari stupa pagoda ini.


  •  Pagoda kakakku
Image result for pagoda kakakku myanmar

Wisata pagoda belum lengkap jika belum mencoba mendatangi Pagoda Kakakku yang memiliki pesona ribuan pagoda. Dari Danau Inle, wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan selama 2 jam untuk bisa menjangkau lokasi satu ini. Di kompleks ini diketahui terdapat sekitar 2.400 buah pagoda yang luar biasa. Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah di balik pagoda, silakan menyewa seorang pemandu untuk menemani Anda menjelajahi kompleks. Karena belum terlalu ramai pengunjung, maka tempat ini pas bagi yang ingin berlibur di tempat sepi namun memiliki panorama indah.

Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar $8 atau sekitar Rp 107 ribu.Pengunjung disarankan untuk mengenakan sandal jepit saja sebab alas kaki perlu dibuka saat berada di area stupa.Terdapat sebuah pasar di bagian depan kompleks pagoda dan pengunjung bisa membeli teh serta kacang-kacangan Myanmar dengan harga kurang lebih K5000 atau sekitar Rp 54 ribu.


  •  Danau Inle
Image result for danau inle

Para wisatawan yang suka dengan wisata alam seperti wisata danau, Danau Inle yang ada di Myanmar boleh menjadi salah satu destinasi yang tidak terlewat. Jika ingin mengunjungi Danau Inle, datanglah khususnya pada bulan Oktober dan September karena pada dua bulan tersebutlah ada Festival Hpaung Daw U atau festival agama Buddha. Yang menjadi sorotan dari festival ini adalah balapan dayuk kaki serta parade kapal tongkang emas kerajaan. Selain itu, perairan ini dikenal sebagai area penangkapan ikan yang menjadi mata pencaharian utama warga sekitar. Uniknya, para nelayan mendayung perahu mereka dengan kaki yang digunakan sebagai pengayuh saat menangkap ikan. Pengunjung dikenakan biaya masuk $10 atau sekitar Rp 134 ribu untuk bisa masuk ke area danau.

~ Sekian,Terima Kasih ~

No comments:

Post a comment

Filipina

Tempat wisata di Filipina juga tidak boleh diremehkan sebab meski negara yang kecil Filipina memiliki tempat wisata yang menar...